Social Icons

Pages

Sabtu, 26 Mei 2012

Reaksi Eliminasi dan Rangkuman

Assalamualikum Wr.Wb
Malam Friend?semoga kabarnya baik-baik aja ya. Ok, kali ini kita akan mebahas reaksi eliminasi pada hidrokarbon. Berikut ini penjelasannya:
 
Reaksi eliminasi
Reaksi eliminasi kebalikan dari reaksi adisi. Pada reaksi ini molekul senyawa yang berikatan tunggal (ikatan jenuh) berubah menjadi senyawa berikatan rangkap (ikatan tak jenuh) dengan melepaskan molekul yang kecil.


Bila suatu alkil halida diolah dengan suatu basa kuat, dapat terjadi suatu reaksi eliminasi. Dalam reaksi ini sebuah molekul kehilangan atom-atom atau ion-ion dari struktur-strukturnya. Produk organik suatu reaksi eliminasi suatu alkil halida adalah suatu alkena. Dalam suatu tipe reaksi eliminasi ini, unsur H dan X keluar dari dalam alkil halida; oleh karena itu reaksi ini disebut reaksi dehidrohalogenasi. (awalan de- berarti “minus” atau “hilangnya”).


Beberapa reaksi eliminasi
a.  Reaksi dehidrogenasi (pelepasan Hidrogen)
b.  Reaksi dehidrasi (pelepasan air)
c.  Reaksi dehidrohalogenasi
RANGKUMAN
Atom karbon dengan nomor atom 6 mempunyai susunan elektron K = 2, L = 4, jadi mempunyai 4 elektron valensi dan dapat membentuk empat ikatan kovalen, serta dapat digambarkan dengan rumus Lewis sebagai berikut, umpamanya untuk CH4.
Dalam bidang kimia, hidrokarbon adalah sebuah senyawa yang terdiri dari unsur karbon (C) dan hidrogen (H). Seluruh hidrokarbon memiliki rantai karbon dan atom-atom hidrogen yang berikatan dengan rantai tersebut. Istilah tersebut digunakan juga sebagai pengertian dari hidrokarbon alifatik. Bagian dari ilmu kimia yang membahas senyawa hidrokarbon disebut kimia karbon.
Pada dasarnya terdapat tiga jenis hidrokarbon:
-         Hidrokarbon aromatik, mempunyai setidaknya satu cincin aromatik
-         Hidrokarbon jenuh, juga disebut alkana, yang tidak memiliki ikatan rangkap atau aromatik.
-         Hidrokarbon tak jenuh, yang memiliki satu atau lebih ikatan rangkap antara atom-atom karbon, yang dibagi menjadi:
  • Alkena
  • Alkuna
Tiap-tiap atom karbon tersebut dapat mengikat empat atom lain atau maksimum hanya 4 buah atom hidrogen. Jumlah atom hidrogen dapat ditentukan dari jenis hidrokarbonnya.
-         Alkana: CnH2n+2
-         Alkena: CnH2n
-         Alkuna: CnH2n-2
-         Hidrokarbon siklis: CnH2n


Selamat Belajar ya
 Wassalamualikum Wr.Wb

0 komentar:

Posting Komentar